Management Marah

Posted: 17 August 2011 in Tak terkategori

Management Marah

 

Marah pada siapa?
Marah tentang persoalan apa?
Marah tercetus di mana?
Marah kapan waktunya?
Mengapa marah?
Apa yang kau harapkan dari kemarahanmu itu?

Marah adalah salah satu bentuk emosi yang dimiliki oleh seseorang. Emosi sendiri memiliki kekuatan yang sangat dahsyat untuk membangun atau menghancurkan kehidupan seseorang. Oleh karena itu perlu pengelolaan marah secara benar. Ketika emosi dikelola dengan baik, kekuatannya dapat membangun kehidupan seseorang menjadi lebih baik, tetapi sebaliknya ketika emosi tidak dikelola dengan baik rasa marah itu kan menghancurkan banyak orang.
Jika marahmu tepat akan membantu menyelesaikan masalahmu. Jika marahmu tidak tepat akan menambah daftar permasalahanmu. Silakan marah bila telah memahami 5W +1H management marah ini. Bila belum mampu menjalaninya, silakan tunda rasa marah yang menggelegak di dada.

Kita seringkali merasa marah pada suatu hal dikarenakan keterbatasan indera dalam menangkap semua fenomena yang terjadi. Apa yang kita ketahui tentang segala sesuatu hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan fakta kebenaran yang ada. Namun manusia cenderung untuk menjustifikasikan sesuatu secara obyektif, sesuai dengan standar pengetahuan ataupun kebutuhan pribadinya.

Management marah adalah upaya untuk mengekspresikan emosi yang melanda secara tepat, efektif, menempatkan suatu permasalahan sesuai porsinya, tidak merugikan siapapun dan meminimalisir timbulnya persoalan baru. Bila emosi sesaat telah mereda dan kebenaran terungkap seringkali hanya penyesalan yang tersisa. Betapa banyak waktu dan energi yang terbuang bila tidak mampu mengontrol emosi yang ada. Betapa banyak persoalan dan permusuhan yang didapat karena keterbatasan informasi yang kita terima.

Marah yang bermanfaat adalah marah yang tepat dan sudah dikelola dengan baik. Hal ini jelas tidak mudah, butuh waktu, kesabaran dan hati yang lapang, tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan. Perlu latihan terus menerus untuk tetap dalam kondisi sadar meski kita merasa marah, mengevaluasi sebab- sebab kemarahan tersebut dan mengekspresikannya dengan tepat.

Management marah adalah marah pada orang yang tepat, sebab kemarahan tepat, tempat yang tepat, tepat kondisi dan situasinya, fokus pada permasalahan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Mengganggap diri selalu benar dan menyalahkan orang lain atas kekacauan yang ada adalah suatu perbuatan yang sangat tidak bijaksana. Management marah akan membuat kita menjadi manusia yang lebih bijak dan menghasilkan lebih banyak keputusan yang tepat bagi semua pihak. ***

 

 

Seindah biasa

Jangan prnh takut ku tinggalkan

Saat bintang tak mampu lagi berdendang

Saat malam mnjdi trlalu dingin

Hingga pagi tak seindah biasanya

Takkan mgkin kita bertahan

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s