komunikasi efektif

Posted: 29 June 2011 in Tak terkategori
Tags: , ,

GAYA KOMUNIKASI EFEKTIF

Rasanya tidak mungkin seorang sekretaris profesional mengucapkan “ sejak kemaren aye belon tau soal itu”. Satu kalimat seperti itu saja sudah mampu menghilangkan wibawa dan melengserkan jabatan sekretaris yang dia punyai. Budaya dapat diklasifikasikan ke dalam gaya komunikasi konteks-tinggi, dan gaya komunikasi konteks-rendah.
Gaya komunikasi tingkat tinggi mengandunng pesan yang maknanya terinternalisasi pada orang yang bersangkutan, dan pesan nonverbal lebih ditekankan. Sebaliknya, komunikasi konteks-rendah menggunakan bahasa yang langsung dan lugas.
Orang Amerika yang berbudaya konteks-rendah menganggap orang yang banyak bicara lebih menarik daripada yang pasif dan suka berdiam diri, sedangkan orang Jepang yang berbudaya konteks-tinggi menganggap orang yang banyak bicara sebagai orang yang berpikiran dangkal. Perbedaan budaya ini sangat perlu dipahami demi terjalinnya komunikasi dengan baik.
Bagi orang yang berkonteks-tinggi (termasuk Indonesia), pernyataan langsung tidak dapat diterima jika hal itu akan menimbulkan kehilangan muka. Cara lain mengatakan “tidak” adalah dengan menyampaikan “iya”, atau “tidak” yang samar, bahkan lebih memilih diam ataupun mengalihkan pembicaraan. Orang berkonteks-tinggi akan berbicara berputar-putar, mengatakan apa saja kecuali inti masalahnya. Tugas lawan bicara adalah mengetahui apa yang dimaksudkannya. Namun, bagi orang berkonteks-rendah, mereka terbiasa dengan kehati-hatian, rincian, ketepatan, kelugasan, kejujuran, pembicaraan langsung, tanpa basa-basi.
Dalam berkomunikasi, setiap orang memiliki gaya / karakter yang berbeda-beda. Dari setiap perbedaan gaya komunikasi itulah yang mendasari adanya perbedaan yang menyeluruh dalam setiap orang. Apresiasi terhadap setiap orangpun juga akan berbeda-beda.
Dikatakan berkepribadian baik saat dia mampu berkomunikasi dengan baik. Seorang presiden mempunyai gaya komunikasi tersendiri layaknya seorang presiden, seorang politiikus mempunyai gaya komunikasi khas politikus, bahkan seorang rakyat juga mempunyai gaya komunikasi khas rakyat sendiri. Ada pembagian tersendiri dari setiap gaya dalam berkomunikasi yang bisa berakibat fatal jika seenaknya ditukar.
Hubungan dengan lingkungan akan mudah jika memiliki gaya komunikasi yang tepat. Ada kalanya komunikasi konteks-tinggi, dan juga ada kalanya komunikasi konteks-rendah.
Selanjutnya harus seperti apa?
Konteks-tinggi kah yang lebih dominan, ataukah konteks –rendah?
Komunikasi Efektif adalah solusi dari keduanya. Komunikasi efektif merupakan bentuk kolaborasi antara sisi-sisi positif komunikasi konteks tinggi dan komunikasi konteks rendah. Gaya komunikasi efektif lebih mencerminkan ketulusan, keterbukaan, kejernihan, keterus-terangan, kesederhanaan dan kesantunan dalam berbicara.
Komunikasi efektif dibangun berdasarkan sistem kepercayaan dan sistem nilai/tata krama. Karena itu, komunikasi akan menjadi bermakna, manakala kita dapat menempatkan diri pada situasi dan kondisi berdasarkan sistem kepercayaan dan sistem nilai itu. Jika kedua hal tersebut, dapat dikuasai dan dihayati, maka kita akan mudah melakukan interaksi dengan siapa pun dan di mana pun. Komunikasi efektif menjadikan sarana untuk memahami segala karakter budaya, kultur dan gaya interaksi manusia di jagad raya ini.
Komunikasi efektif tidak selalu identik dengan verbal (kata-kata). Komunikasi efektif bisa saja menggunakan isyarat (gesture), seperti gerakan tubuh, gerakan kepala, ekspresi wajah, kontak mata merupakan perilaku-perilaku yang semuanya disebut bahasa tubuh yang mengandung makna pesan yang efektif dan potensial dapat dimengerti oleh lawan bicara. Di antara sekian banyak perilaku non-verbal, senyuman, pandangan mata, atau sentuhan seseorang sering merupakan perilaku non-verbal paling berpengaruh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s